“Pelatihan Preceptorship” Kerja Sama STIKES Muhammadiyah Manado dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Uncategorized

Program Studi Keperawatan dan Profesi Ners STIKES Muhammadiyah Manado (STIKESMM) mengadakan Pelatihan Preceptorship 19 – 20 Juli 2019 bertempat di kampus terpadu STIKESMM. Acara dibuka oleh Wakil Ketua II  STIKESMM Ns. Hj. Zainar Kasim, S.Kep., M.Kes menyatakan pelatihan preceptorship (bimbingan di klinik) bertujuan untuk meningkatkan kualitas para preceptor (pembimbing) sehingga akan berdampak pada peningkatan knowledge, skill dan attitude yang sangat baik pada mahasiswa yang dibimbingnya saat praktek di rumah-rumah sakit. “Ilmu klinik selalu berkembang sehingga para pembimbing yang juga karyawan rumah sakit perlu selalu up date ilmunya untuk memberi bimbingan pada para mahasiswa calon profesi perawat (Ners)” ujar Ibu Zainar.

Sementara itu Kaprodi Profesi Ners STIKESMM Ns. Hj. Silvia D. M. Riu, S.Kep., M.Kep menyatakan pelatihan bagi para pembimbing rumah sakit ini perlu dilakukan secara berkesinambungan.”Tugas rutinitas para pembimbing di rumah sakit seringkali menjadikan mereka lupa kalau ilmu mereka perlu di upgrade. Pembelajaran klinik yang baik pada para mahasiswa prodi profesi keperawatan sangat berdampak terhadap mutu lulusan prodi Ners. Dengan pembelajaran yang tepat, maka kompetensi para Ners bisa sesuai harapan. Selain itu kehandalan preceptorship dan mentorship juga sebagai syarat suatu rumah sakit pendidikan serta untuk keperluan akreditasi” ujar Kaprodi Profesi Ners.

Pelatihan ini merupakan kerjasama antara Stikes Muhammadiyah Manado dengan Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pada pelatihan tersebut tiga dosen Magister Keperawatan yaitu Ibu Fitri Arofiati, Ns., MAN., Ph.D , Ibu Erna Rochmawati, MNSc., M.Med.Ed., Ph.D dan Ibu Titih Huriah, M. Kep., Sp. Kom menjadi pembicara pada pelatihan tersebut. Pelatihan tersebut di hadiri sekitar 30 peserta yang merupakan preseptor klinik di Rumahsakit Manado. “Selain Acara pelatihan Preceptorship, Kami Magister Keperawatan juga melakukan promosi program Studi di Stikes Muhammadiyah Manado” terang Ibu Fitri Arofiati, Ns., MAN., Ph.D selaku kaprodi Magister Keperawatan. 

Acara berlangsung dengan khidmat dan lancar, semua peserta dapat mengikuti dengan baik. Selanjutnya mereka diharapkan lebih siap dan profesional dalam membimbing mahasiswa untuk praktik klinik di rumah sakit. Lewat pelatihan, diharapkan bisa membantu rumah sakit dalam menciptakan makin banyak preceptor yang tersertifikasi dan memiliki kompetensi handal sehingga bisa mendidik mahasiswa Ners menjadi ners yang berkualitas. Kegiatan pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan tentang manajemen pendidikan klinik, desain pendidikan klinik dan penggunaan metode assesment yang tepat untuk dapat meningkatkan mutu pelayanan di klinik sehingga tercapai kepuasan mahasiswa praktik dan pasien sebagai pelanggan. (A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *